Sri Mulyani, Srikandi Indonesia yang Menaklukkan Dunia



Wanita asal Lampung ini bukan hanya meningkatkan perekonomian Indonesaia namun juga memiliki sumbangsih besar dalam perekonomian dunia sehingga dipercaya sebagai direktur Bank Dunia sejak Juni 2010.


Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D. (lahir di Bandar Lampung, Lampung, 26 Agustus 1962; umur 54 tahun) adalah wanita sekaligus orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Jabatan ini diembannya mulai 1 Juni 2010 hingga dia dipanggil kembali oleh Presiden Joko Widodo untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan menggantikan Bambang Brodjonegoro, dia mulai menjabat lagi sejak 27 Juli 2016.

Sebelumnya, dia menjabat Menteri Keuangan Kabinet Indonesia Bersatu. Ketika ia menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia maka ia pun meninggalkan jabatannya sebagai menteri keuangan saat itu. Sebelum menjadi menteri keuangan, dia menjabat sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas dari Kabinet Indonesia Bersatu. Sri Mulyani sebelumnya dikenal sebagai seorang pengamat ekonomi di Indonesia. Ia menjabat sebagai Kepala Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LPEM FEUI) sejak Juni 1998. Pada 5 Desember 2005, ketika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan perombakan kabinet, Sri Mulyani dipindahkan menjadi Menteri Keuangan menggantikan Jusuf Anwar. Sejak tahun 2008, ia menjabat Pelaksana Tugas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, setelah Menko Perekonomian Dr. Boediono dilantik sebagai Gubernur Bank Indonesia.

Ibu Sri Mulyani banyak disandingkan dengan tokoh RA Kartini, pahlawan wanita yang membawa begitu banyak perubahan dalam dunia perempuan Indonesia.
Wanita asal Lampung ini bukan hanya meningkatkan perekonomian Indonesaia namun juga memiliki sumbangsih besar dalam perekonomian dunia sehingga dipercaya sebagai direktur Bank Dunia sejak Juni 2010.

Berbagai prestasi telah diraihnya, namun ada 5 prestasi yang memberikan perubahan mendasar pada negeri ini :

  1. Menjadikan Indonesia sebagai tujuan investasi global
    Inovasi yang dilakukan Ibu Sri Mulyani pada tahun 2004 akhir membuat Indonesia kembali dilirik investor dan meningkatkan nilai investasi investasi dari US$ 4,6 Miliar menjadi US$ 8,9 miliar hanya dalam waktu beberapa bulan
  2. Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi tertinggi sejak Reformasi di tangan Sri Mulyani. Angka pertumbuhan ekonomi mencapai 6,6% pada tahun 2007. Angka ini belum eprnah dicapai oleh menteri-menteri setelahnya.
  3. Pembayar pajak meningkat
    Gebrakan lain dari Sri Mulyani adalah meningkatkan jumlah pembayar pajak hampir 400%, dari sebelumnya sehingga berakibat APBN melonjak hingga 600 Trilliun.
  4. Menteri terbaik
    Prestasi Sri Mulyani tidak hanya diakui Indonesia saja, tetapi diakui dunia. Beliau mendapatkan penghargaan sebagai Menteri Keuangan terabik di Asia pada tahun 2007 dan 2008.
  5. Wanita berpengaruh di dunia
    Ibu dari 3 anak ini juga masuk dalam daftar 100 wanita paling berpengaruh di Dunia apda tahun 2008, 2014, dan 2016. Prestasi inilah yang mengantarkan Sri Mulyani menjadi Direktur Bank Dunia tahun 2010.

 

0 Komentar


© Copyright 2016 Women for The World. All Rights Reserved.